ulie said

TiDak AdA mAnuSiA YanG Bod0H
yAnG aDa HanYa MaNusIa yANg MalAS

Rabu, 13 Januari 2010

pernah punya pertanyaan apa bedanya pendiam dan pemalu gak???

aku sendiri awalnya menyamaratakan bahwa orang yang pendiam pasti pemalu, pun sebaliknya. namun setelah membaca artikel 'dunia senyap kaum pendiam'(intisari, oktober), pemikiranku pun berubah. ternyata orang pemalu bisa sekaligus pendiam, tapi pendiam belum tentu pemalu.

menurut Mira D.Amir psikolog LPT, pendiam atau istilahnya introvert adalah seseorang yang lebih senang menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri dibanding dengan banyak orang. namun bukan berarti mereka anti sosial, mereka bisa bersosialisasi, tetapi kalau disuruh memilih mereka akan jauh lebih nyaman jika tidak berada berlama-lama ditengah banyak orang.
bagi kaum introvert, menyendiri itu sama menyegarkannya dengan tidur, makan atau merawat diri.

sementara pemalu adalah orang yang senantiasa khawatir tentang pemikiran orang lain terhadapnya. orang ini kurang PD, cemas atau gelisah saat menghadapi orang lain atau berkumpul dalam lingkungan sosial.

menurut Mira, orang pendiam justru bisa lancar berbicara saat dituntut tampil didepan publik, sementara pemalu, mereka akan semakin gugup dan semakin cemas dengan penilaian orang lain pada dirinya.

pendiam akan merasa terkuras energinya saat berada ditengah-tengah banyak orang, sedangkan pemalu justru malah takut dengan situasi seperti itu, akhirnya cenderung menghindar.
pemalu sadar bahwa sikapnya ini negatif, tapi pendiam tidak.

lalu bagaimana jika si pendiam adalah.....

pasangan anda??
sadari keadaannya, jangan hanya melihat perbedaan namun pahamilah bahwa setiap individu memiliki keunikan masing-masing. mulailah untuk menjadi pemancing yang baik, fokuskan perhatian pada pasangan anda dan buka pembicaraan dengan topik yang diminatinya.

anak anda???
sadari bahwa dunia anak berbeda dengan dewasa. jangan paksakan anak pendiam untuk berubah. tunjukkan bahwa anda mulai menghargai semua sikap anak dan terapkan komunikasi 2 arah, misalnya dengan bertanya apa yang diinginkannya.

rekan kerja/ pimpinan anda????
jangan takut untuk berbagi pengetahuan dan menyuarakan pendapat anda. minimal mulai dengan mengambil inisiatif untuk bertanya. tanyakan tanggapannya atas pekerjaan yang anda lakukan.


jadi, meski memilih peran pasif dan tidak banyak bicara, pendiam juga butuh bersosialisasi dan berkomunikasi. sementara pemalu, mungkin mereka harus lebih banyak untuk mencoba bersosialisasi/berhubungan dengan orang lain agar lebih bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Tidak ada komentar: