ulie said

TiDak AdA mAnuSiA YanG Bod0H
yAnG aDa HanYa MaNusIa yANg MalAS

Jumat, 29 Januari 2010

tidak semua orang bisa menjadi perokok aktif (PA),namun untuk menjadi perokok pasif (PP) semua orang bahkan balita sekalipun seringkali 'dipaksa' untuk menjadi pelaku.
jadi tidak salah jika aku menempatkan PA sebagai orang-orang teregois bahkan paling egois yang pernah ada dimuka bumi ini.

apakah PA tau bahwa menjadi PP jauh lebih beresiko dari pada mereka?

asap rokok mengandung sekitar 4000 bahan kimia dan 43 diantaranya mengandung zat kimia yang bersifat karsinogen (zat kimia yang menyebabkan kanker). selain itu asap rokok pun mengandung zat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

dari sekian banyak bahan kimia, yang dihirup PA hanya 15% saja, sementara sisanya 85% dilepaskan dan dihirup oleh para PP.

resiko menjadi PP diantaranya infeksi paru dan telinga, gangguan pertumbuhan paru, kanker paru serta diabetes karena paparan asap rokok memberi pengaruh buruk pada pankreas sebagai regulator insulin gula.

rokok pun memiliki kejahatan dan kebohongan untuk para penggunanya.
bahan kimia yang terdapat didalamnya antara lain Nikotin, Karbon Monoksida, dan Tar.
Nikotin sangat ahli dalam menimbulkan situasi adiktif dan bisa cepat terserap kedalam aliran darah. hanya dalam waktu 30 detik setelah rokok dihisap, ia sudah nongkrong diotak, saat nikotin sampai diotak, mirip kerja narkoba, ia 'memaksa' otak melepaskan bahan kimia tertentu yang menyemburkan perasaan rileks dan bergairah.
namun perasaan itu hanyalah kamuflase, sekitar 30 menit kemudian, perasaan itu bakal hilang berganti dengan depresi dan kelelahan. untuk membunuh depresi itu siperokok kembali menyulut batang rokoknya. persis seperti lingkaran setan, begitu terus dan terus begitu.

Tidak ada komentar: